Senin, 01 Oktober 2012



a) Mouse
Mouse adalah pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi kursor di layar. Dengan menggeser mouse di bidang yang datar, misalnya meja kursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah dari pergeseran mouse. Setelah kursor menempati posisi tertentu di layar yang diinginkan, Anda dapat menekan tombol yang ada di mouse untuk beberapa keperluan, tergantung dari program yang digunakan, misalnya untuk memilih suatu pilihan di layar.
Mouse pertama kali dikembangkan oleh Dough Engelbart di Standford Research Institute sekitar tahun 1960, yang kemudian dikembangkan dan diterapkan pada komputer Xerox Star. Baru pada tahun 1982, Apple memperkenalkan produknya dengan nama Apple Lisa.

b) Touch screen (layar sentuh)
Touch screen merupakan sebuah perangkat keras yang mirip seperti monitor komputer, tetapi mempunyai kelebihan dibanding- kan monitor biasa. Layar sentuh atau dalam bahasa Inggrisnya touch screens, touch screens, touch panels, atau touch screen panels adalah layar tampilan komputer yang sensitif terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar komputer.
Touchscreen sering dipakai pada kios informasi di tempat- tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistem touch screen ter- sedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan dan ada juga kit touch screen yang lebih ekonomis yang dapat dipasang pada monitor yang sudah ada. Contoh komputer yang telah menggunakan teknologi ini adalah komputer Hewlet-Packard HP 150.

c) Joystick
Joystick biasa digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (game). Pada prinsipnya cara kerja joystick sama dengan mouse hanya saja penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil.

d) Light Pen
Light pen merupakan penunjuk yang berupa seperti pena dan dapat menghasilkan cahaya yang digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya. Light pen memungkinkan pemakai menunjuk langsung ke layar di mana pemakai menghendaki pilihan atau perintah yang dijalankan. Contoh pemanfaatan light pen, yaitu pada alat pengendali lalu lintas udara pada bandara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar